Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul di wilayah:



Dan dapat meluas ke wilayah


warningcuaca.bmkg.go.id


Apakah yang dimaksud informasi nowcasting ?
Jawab : Nowcasting merupakan gambaran kondisi cuaca saat ini dan prakiran cuaca ekstrem jangka pendek untuk periode sangat singkat yaitu 0-6 jam kedepan. Informasi Nowcasting yang dikeluarkan BMKG saat ini merupakan kategori informasi peringatan dini cuaca esktrem yang diperkirakan akan terjadi dalam rentang waktu berlaku informasi nowcasting.


Apakah perbedaan informasi prakiraan cuaca dengan nowcasting ?
Jawab : Prakiraan cuaca adalah memprediksi kondisi atmosfer di masa depan pada lokasi tertentu menggunakan penerapan teknologi dan ilmu sains terkini. Batasan waktu masa depan bagi prakiraan cuaca adalah hal yang tidak pasti. Berkat instrumen yang lebih akurat dan super komputer yang lebih kuat dan canggih, para peramal cuaca memperluas jangkauan mereka ke masa depan yang lebih jauh. Saat ini informasi prakiraan cuaca BMKG tersedia hingga 7 (tujuh) hari kedepan dalam skala kecamatan. Sedangkan nowcasting adalah prakiraan cuaca jangka pendek (0-6 jam kedepan) dengan akurasi informasi yang lebih baik dari prakiraan cuaca jangka panjang. Informasi nowcasting yang disampaikan kepada pengguna lebih awal akan membantu tindakan khususnya pencegahan dampak dari cuaca ekstrem yang akan muncul.

Apakah yang dimaksud waktu berlaku dan waktu berakhir informasi nowcasting yang dikeluarkan BMKG?
Jawab : Waktu berlaku adalah periode awal berlakunya informasi peringatan dini cuaca sekaligus rentang perkiraan waktu dan lokasi potensi cuaca ekstrem akan terjadi. Sedangkan waktu berakhir adalah periode akhir (habis) masa berlaku informasi peringatan dini cuaca. Berdasarkan SOP pembuatan produk informasi nowcasting masa berlaku produk informasi nowcasting adalah +30 menit (30 menit setelah) waktu pengamatan kondisi cuaca oleh prakirawan cuaca.

Apakah yang dimaksud area terjadi dan area meluas informasi nowcasting yang dikeluarkan BMKG?
Jawab : Area terjadi adalah wilayah yang diperkirakan sedang terjadi cuaca ekstrem sedangkan area meluas adalah wilayah yang diperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem dalam rentang periode berlaku infromasi cuaca nowcasting.

Apakah informasi nowcasting pasti terjadi ?
Jawab : Tidak. Sebagaimana informasi prakiraan cuaca sebuah probabiltas keadaan atmosfer di masa depan, demikian pula informasi nowcasting juga sebuah probabilitas. Perbedaannya adalah informasi nowcasting merupakan informasi yang mempunyai nilai probabilitas lebih tinggi dibandingkan informasi prakiraan cuaca karena selain menggunakan informasi prakiraan cuaca numerik (NWP) juga disertakan analisis menggunakan data radar, satelit cuaca terkini serta data pengamatan lapangan terkini.